KEKUATAN PERASAAN 5.000 KALI KEKUATAN PIKIRAN

27 Okt

KEKUATAN PERASAAN 5.000 KALI KEKUATAN PIKIRAN
October 18, 2007 | Holistic Success

Kompas, Jumat 28 September 2007

Jangan meremehkan kekuatan hati atau perasaan, karena ternyata kekuatannya 5.000 kali kekuatan pikiran. Selama ini para motivator selalu mengajar untuk berpikir positif, namun ternyata berperasaan positif juga penting untuk menggapai apa yang kita impikan, yakni dengan merasakan ikhlas.

”Hati itu bicaranya sederhana dan ikhlas itu kerja yang paling gampang. Tapi kesulitan kita belajar ikhlas itu karena pikiran kita sudah terlalu lama tidak sederhana. Pikiran selalu mencari data dan bukti nyata,” kata Erbe Sentanu, pelopor Teknologi Ikhlas dalam roadshow seminar buku yang ditulisnya ”Quantum Ikhlas” di Hotel Santika Jakarta, Kamis (27/9).

Pada seminar yang diselenggarakan oleh Katahati Institute dengan Elex Media Komputindo ini juga tampil rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Komarudin Hidayat dengan moderator mantan model Auk Murat. Komarudin Hidayat memaparkan lima tangga kebahagian, yaitu kebahagiaan fisikal, kebahagiaan dari kapasitas intelektual, keindahan, kebahagiaan moral dan kebahagiaan spiritual.

Kebahagiaan fisikal menurut Komarudin Hidayat adalah yang terkait dengan fisik kita. ”Jika capek, kita duduk. jika panas berteduh. Tapi kalau hidup mengandalkan fisik, jelas terbatas,” kata Komarudin Hidayat. Kebahagiaan kapasitas intelektual kita dapat dari membaca buku, membuat artikel atau tulisan. Keindahan juga merupakan sumber kebahagiaan. Sementara itu, keikhlasan akan bertemu dengan kebahagiaan moral. Sedangkan kebahagiaan spiritual akan kita rasakan saat kita bersyukur atau berterima kasih atas segala hal yang kita terima.

Ikhlas
Tuhan melalui berbagai ajaran agama telah mengajarkan kita menerapkan ikhlas agar kita mendapatkan apa pun yang kita inginkan. Sayangnya, sebagian orang malah keliru menafsirkan ikhlas dengan menggolongkannya sebagai sikap yang lemah. Padahal, di dalam ikhlas terdapat sifat-sifat ilahiah, sifat-sifat yang dimiliki Tuhan. Di antaranya, bersyukur, sabar, fokus, cinta, damai, dan bahagia. Karena itu ikhlas justru sangat powerful untuk diterapkan di semua bidang kehidupan.

Kondisi ikhlas bisa membawa manusia menjadi sangat kuat, cerdas dan bijaksana.Karena dengan hati yang ikhlas kita bisa berpikir lebih jernih, mampu menjalani hidup dengan lebih efektif dan produktif untuk mencapai tujuan. Bahkan hubungan dengan siapa pun akan terjalin semakin menyenangkan.

”Jika anda selalu ‘berhasil merasa’ bahagia dan ikhlas di hati, anda akan memiliki hidup yang penuh dengan sukses kebahagiaan lahir batin yang sempurna,” kata Erbe Sentanu pada ratusan peserta seminar.

Para peserta seminar itu pun juga dibimbing Erbe Sentanu untuk bermeditasi: bersyukur dan ikhlas atas kehidupan yang mereka alami. Buku Quantum Ikhlas karya Erbe Sentanu juga dilengkapi dengan Compact Disk (CD) yang berisi musik dengan sisipan nada pada frekuensi tertentu untuk mengantarkan gelombang otak pada frekuensi yang telah ditentukan. Meditasi dengan musik ini cukup membantu mencapai ikhlas. (LOK)

3 Tanggapan to “KEKUATAN PERASAAN 5.000 KALI KEKUATAN PIKIRAN”

  1. Ahromi Irawan 27 Oktober 2008 pada 11:28 am #

    Kang oyot = Adji?
    pake 000webhost yah…
    salam kenal… dari cirebon

  2. kangoyot 27 Oktober 2008 pada 11:47 am #

    Salam kang romie… kayaknya ngga pake kenal… coz kayaknya udah kenal nie😀 he he he
    apa khabar cirebon…
    matur suwun sudah mampir kesini… tetep kontak yaa..
    betul kang.. pake 000wh

  3. Ahromi Irawan 28 Oktober 2008 pada 8:47 pm #

    hehe,..
    Cirebon kabar baik..

    terimakasih artikel-nya… sangat me-motivasi sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: