Interpersonal Understanding

26 Des

Pengertian Antar Pribadi (Interpersonal Understanding) adalah keinginan untuk mengerti orang lain. Ini adalah kemampuan untuk mendengarkan dan mengerti secara akurat pikiran, perasaan, masalah orang lain yang tidak terucapkan atau tidak sepenuhnya disampaikan. Kompetensi ini mengukur kompleksitas dan kedalaman pemahaman terhadap orang lain, juga termasuk sensitivitas antar budaya.

Indikatornya dapat dikenali pada kondisi-kondisi berikut :

  • Memahami emosi tetapi tidak memahami muatan emosi tersebut.
  • Memahami emosi dan muatan emosi tersebut. Mendengarkan orang lain dan bisa menangkap perasaan orang lain dan dapat menjelaskan latar belakang perilakunya.
  • Dapat memahami makna tersirat yang disampaikan maupun ditampilkan oleh orang lain. ersedia untuk mendengarkan keluhan orang lain.
  • Memahami kelemahan dan kelebihan orang lain emosi-emosi yang melatarbelakangi perilakunya. Bisa memprediksi tinngkah laku orang lain.
  • Memahami dinamika kepribadian seseorang dari perilakunya. Mampu berempati dan merasakan perasaan orang lain dan menampilkan perilaku yang mendukung orang lain. Bersedia menjadi sukarelawan. Memmbantu orang lain memecahkan masalahnya.

Sumber : www.indosdm.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: